Home / Berita / Sekolahku…Sekolah Adiwiyata

Sekolahku…Sekolah Adiwiyata

Ada kebanggaan baru yang kini dirasakan oleh segenap warga SMP Negeri 1 Sukorame mulai dari bapak dan ibu guru, karyawan dan  staf tata usaha, serta seluruh siswa-siswi nya pada tahun 2019 ini, betapa tidak,  setelah SMPN 1 Sukorame ditetapkan sebagai sekolah hijau atau yang lebih dikenal dengan sebutan  ” Green School “ tak lama kemudian status sekolah adiwiyata juga berhasil diraih. Hal ini Seseuai dengan Surat Keputusan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan, Nomor : 188/99/KEP/413.117/2019  Tentang Penetapan Green School Kabupaten Lamongan. Hal demikian ini tentu tidak terlepas dari kerja keras yang tak kenal lelah dari seluruh stake holder sekolah , mulai dari kekompakan bapak dan ibu guru, partisipasi aktif dari karyawan dan tata usaha, serta kepedulian dari seluruh siswa akan kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekolah.

Sekolah Adiwiyata
Sekolah Adiwiyata

Sebagaimana diketahui bahwa predikat Green School dan sekolah adiwiyata diberikan oleh Dinas Lingkungan Kabupaten Lamongan sebagai bentuk penghargaan kepada sekolah yang memiliki kepedulian terhadap  upaya untuk menjaga lingkugan sekolah yang bersih dan hijau. Sekolah Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup yang mendorong pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 bahwa sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata sekolah bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Prinsip-prinsip Dasar Program  Adiwiyata : 1 ) Partisipatif  : Komunitas sekolah terlibat dalam manjemen yang meliputi keseluruhan  proses  perencanaan,  pelaksanaan, dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran. 2) Berkelanjutan :  Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara  komprehensif. Komponen Untuk mencapai tujuan

Dalam Sekolah Adiwiyata ada empat komponen program yang  merupakan satu kesatuan yang utuh. 1) Kebijakan Berwawasan. 2) Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan. 3) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipasif. 4) Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan. Keuntungan Program Adiwiyata : 1) Mendukung  pencapaian standar kompetensi/ kompetensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah. 2) Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi. 3) Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi bejar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif. 4) Menjadikan tempat pembelajaran nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan bemar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar. 5) Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan sekolah.

Atas prestasi tersebut , yang paling penting adalah menjaga dan merawatnya. Ada kalimat filosofis yang kita sudah tahu semua bahwa Mempertahankan itu lebih sulit daripada meraihnya. Maka mari belajar banyak dari filosofis itu. Diperlukan kepedulian dan kekompakan yang konsisten dari semua pemilik sekolah ini, guru, karyawan, siswa, dan para wali murid untuk tetap menjaga predikat adiwiyata ini. Semua berharap bahwa predikat adiwiyata itu tidak hanya sebuah SK Kepala Dinas yang tertulis di sebuah kertas yang dipigora rapi di ruang Kepala Sekolah, tetapi harus lebih bermakna dari itu, yaitu usaha yang tidak terputus-putus untuk merawat lingkungan sekolah tercinta ini agar tetap hijau, bersih, nyaman, dan menyenangkan. Selamat, untuk kita semua !

About masali

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *