Home / Berita / Semarak Hari Kemerdekaan

Semarak Hari Kemerdekaan

Sudah menjadi tradisi di Kecamatan Sukorame, peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia selalu diperingati dengan menggelar lomba gerak jalan. Sebagai salah satu lembaga dinas yang berada dibawah naungan Kecamatan Sukorame, SMP Negeri 1 Sukorame juga berpartsipasi dalam kegiatan tersebut. Sebagaimana diketahui lomba gerak jalan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2019 dengan start lapangan pasar Desa Pendowokumpul, dan finish di pendopo Kecamatan Sukorame. Start pertama di buka oleh Bapak Camat didampingi oleh Bapak Kapolsek dan Danramil Sukorame. Dalam lomba ini, SMP Negeri 1 Sukorame melibatkan hampir seluruh siswa, sehingga terlihat sangat ramai.

       Menurut Auliane dari 9 A yang saat itu tergabung dalam regu putri, merasa sangat senang mengikuti lomba ini, meskipun cuacanya cukup panas. Ketika ditanya kenapa kok senang, Auliane menyatakan cuaca yang panas ini menjadi tidak terasa karena temannya banyak. Gerak jalan yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini memang terlihat sangat semarak dan ramai sekali, karena disamping diikuti oleh SMP Negeri 1 Sukorame yang mengirim lebih dari 40 regu, juga ada regu dari SMK dan SMA yang jumlahnya juga sangat banyak. Tidak hanya para pesertanya yang ramai, para pembina yang sebagian besar dari Bapak dan Ibu guru juga sangat antusias datang, mereka juga tidak terlihat capek, tapi penuh dengan semangat mendampingi para siswanya. Seperti halnya Bapak Sulkan, Kepala Sekolah kita juga nampak hadir ditengah-tengah kemeriahan lomba gerak jalan. Tidak sendirian, Bapak Sulkan juga didampingi oleh beberapa Bapak Guru yang lain, seperti Pak Hani, Pak Suwandi, Bu Isbandiyah, Bu Nova, Bu Bago, dan beberapa yang lain.

       Setelah berjalan hampir kurang lebih 1 jam, para peserta lomba gerak jalan memasuki finish di Pendopo Kecamatan Sukorame. Setelah membubarkan regu, mereka masih duduk duduk santai mencari tempat yang redup di bawah pohon, mengendorkan otot-otot mereka yang tegang. Masih bersimbah keringat, sebagian ditanya oleh tim redaksi, apakah besuk tahun depan akan ikut lagi perlombaan serupa, serentak semua menjawab ikut. Luar biasa, ternyata mereka malah senang, meskipun capek dan lelah. Ini bukti bahwa capek mereka, keringat mereka itu tidak ada apa-apanya bila dibandingkan perjuangan para luluhur bangsa ini merebut kemerdekaan dari penjajah. Bahkan para pahlawan itu rela berkorban harta, benda bahkan nyawanya melayang demi ibu pertiwi tercinta. Ini menjadi inspirasi buat generasi muda, generasi milenial yang hidup di zaman sekarang, bahwa perjuangan itu tak boleh berhenti ketika kemerdekaan sudah diraih, perjuangan akan selalu ada, dimanapun dan kapanpun. Sebagai pelajar tentu kita bekerja sebagai pelajar, justru jangan melakukan hal-hal yang seharusnya tidak kita lakukan seperti bermain yang berlebihan. Tugas utama pelajar adalah tetap belajar dan tetap giat mengembangkan diri menggali potensi meraih prestasi.

       Pada akhir bulan Agustus, Kecamatan Sukorame menggelar pentas seni 17-an, dan saat itu diumumkan hasil beberapa lomba yang telah dilaksanakan, salah satunya adalah gerak jalan. Dan luar biasanya lagi, regu SMP Negeri 1 Sukorame, berhasil menggondol Juara 1 baik regu putra maupun putrinya. Membanggakan…, tetapi sebenarnya yang lebih penting dari itu adalah bukan sekedar juaranya, tetapi bagaimana kita berlatih dan berjuang sehingga tujuan itu bisa tercapai. Artinya kesuksesan tidak akan diperoleh dengan sikap santai dan malas-malasan, tetapi akan terwujud oleh semangat dan perjuangan. Selamat Atas Kesuksesan ini !

About masali

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *